23 Juni 2023

author photo

 



Lumajang - Laundry alan bertempat di Jalan Kemundung, dusun Krajan Baru, desa Bondoyudo, Kec. Sukodono, Kabupaten Lumajang, merupakan salah satu tempat cuci pakaian yang masih menggunakan strika uap. 

"Sebenarnya disini menggunakan dua strika, ada strika uap dan listrik" Ujar pemilik tempat laundry ibu?? , tempat ini sudah berdiri sekitar 15 tahunan. 

Strika uap memiliki kelebihan tersendiri dalam merapikan baju, karena strika nya menggunakan tenaga uap tidak begitu berbahaya untuk pakaian, beda dengan listrik jika terlalu panas akan merusak pakaian. 

Tempat ini tidak pernah sepi pelanggan Karena hasil dari cucian bisa dibilang bersih untuk pakaian, akan tetap untuk cucian yang lain seperti karpet boneka masih kurang, karena tempat tersebut lebih fokus ke cuci pakaian. 

Akan tetapi jika ada yang mau mencuci selain itu masih diambil tapi untuk hasil yang kurang, karena peralatan yang dibutuhkan itu hanya untuk cuci pakaian saja. 

Meskipun begitu tempat ini tetap rame karena hasil cucian untuk baju sangan memuaskan hasilnya, itu yang membuat masyarakat disana tetap memakai jasa mereka.









Penulis: Zakaria Al-Fikri KPI 20

Editor: Devisi Keilmuan 

This post have 0 komentar


EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post