30 Juni 2023

author photo

 


Hari Parlemen Internasional dirayakan setiap tahun pada tanggal 30 Juni, Menurut laporan PBB. Hari itu ditetapkan oleh resolusi Majelis Umum PBB.

Penyelenggaraan Hari Parlemen Internasional sangat penting pada saat kritis bagi demokrasi parlementer ini, ketika orang kehilangan kepercayaan pada institusi politik dan demokrasi itu sendiri menghadapi tantangan dari gerakan populis dan nasionalis.

Pembangunan demokrasi mensyaratkan bahwa Parlemen sebagai dasar demokrasi yang berfungsi harus kuat, transparan, bertanggung jawab dan representatif.

Hari Parlemen Internasional adalah waktu untuk menilai kemajuan parlemen menuju beberapa tujuan utama menjadi lebih representatif dan mengikuti perkembangan zaman, termasuk evaluasi diri, upaya untuk melibatkan lebih banyak perempuan dan anggota parlemen muda, dan beradaptasi dengan teknologi baru. Dalam resolusinya A/RES/72/278, Majelis Umum PBB mengakui peran parlemen dalam rencana dan strategi nasional dan dalam memastikan transparansi dan akuntabilitas yang lebih besar di tingkat nasional dan global.

This post have 0 komentar


EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post