26 Juni 2023

author photo

 


Lumajang - Al-qur'an merupakan kalam Allah yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW melalui malaikat Jibril secara bertahap. Dan terkadang, ayat yang diturunkan oleh Allah kepada Nabi Muhammad ini ada terjadinya sesuatu. 



Umat muslim tentu haruslah bisa menghafalkan isi atau ayat yang ada didalam al-qur'an ini, karena itu suatu bentuk keta'atan kita sebagai hamba kepada tuhannya yakni Allah SWT. Dan selain menghafal, tentu kita juga harus bisa untuk mengamalkan apa-apa yang ada di dalam al-qur'an dalam kehidupan sehari-hari. 



Salah satunya juga yang dilakukan oleh para santri di pondok pesantren Ar-Rahmah ini, mereka selain menghafalkan, tentu mereka juga harus bahkan menjaga hafalan yang telah dihafalkan ini dengan melakukan muraja'ah. Dan sistem muraja'ah ini tentu banyak variasi, salah satunya ini dengan melakukan bersama-sama seluruh santri, agar menjadi suatu pembuktian kualitas hafalan qur'annya. 


Dalam sehari, para santri di pondok pesantren Ar-Rahmah ini melakukan muraja'ah bersamanya sebanyak 2 kali, yakni setelah sholat shubuh dan setelah sholat maghrib. Dalam muraja'ah bersama, tentu ada yang memimpin didepan, dan yang memimpin ini haruslah mempunyai hafalan dan bacaan yang bagus agar dijadikan contoh untuk para santri lainnya.






Penluis : Muhammad Salman

Editor : Divisi keilmuan

This post have 0 komentar


EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post