21 Juni 2023

author photo





Sedulur Pati disingikat (SP) adalah sebuah komunitas yang berdiri Pertama kali di kampus STAIN Jember yang saat ini beralih menjadi UIN Kyai Ahmad Siddiq (UIN KHAS). Komunitas ini adalah sebuah gerakan mahasiswa yang berlandaskan aswaja dan bergerak dalam sosial dan persaudaraan. Walaupun kita peduli sosial, tetapi tidak menutup mata bahwa mahasiswa mempunyai tugas dan tanggung jawab yang lebih besar, sehingga ada inovasi dalam komunitas untuk tidak hanya bersosial melainkan juga harus memikirkan bagaimana kondisi bangsa ini kedepannya.


Dalam Perjalanannya, Komunitas Sedulur pati terus mengemban nilai-nilai persaudaraan dengan gerakan sholeh sosial yang terus disebarluaskan, penyebaran nilai-nilai ini terus berkembang ke berbagai wilayah seperti Lumajang, Probolinggo, Bondowoso, Situbondo, Banyuwangi dan Kepulauan Madura. Keanggotaan SP terdiri dari dari berbagai kalangan anak muda, yaitu Mahasiswa, Siswa, dan Non Mahasiswa/Siswa. Jumlah Keanggotaan Sedulur Pati secara keseluruhan sampai saat ini tercatat 1250 anggota/dulur yang tersebar di berbagai wilayah tersebut.


Sedulur Pati Lumajang resmi dideklarasikan tepat pada tanggal 18 Desember 2016 yang dirintis oleh saudara M. Lutfi dan Qomaruddin Hamdi yang bertempat di PPs. Manarul Qur’an Kuterenon Sukodono Lumajang.Sedulur Pati juga mengembangkan nilai-nilai persaudaraan seperti Solidaritas, Soliditas, Loyalitas, dan Royalitas.


Sedulur Pati mengembangkan nilai-nilai persaudaraan seperti Solidaritas, Soliditas, Loyalitas, dan Royalitas. Selain itu Sedulur Pati juga membentuk Kabid-kabid seperti Kabid Keilmuan, Kabid Seni, Kabid Beladiri, Kabid IT, Kabid Olahraga, dan Kabid Otomotif. 


Terbentuknya Kabid-kabid tersebut dilatarbelakangi oleh kondisi anggota yang minat dan bakatnya tidak sama, sehingga para anggota bisa memilih bakat dan minat apa yang cocok untuk mereka kembangkan.


Sedulur Pati memiliki program-program kegiatan,  salah satunya "MALAM SAKRAL", malam sakral ini adalah program mingguan Sedulur Pati yang diadakan setiap malam selasa pada jam 20.00 Wib. Isi dari kegiatan tersebut ialah istighosah, dan Tahlil bersama.Setelah acara selesai Sedulur Pati akan melepas rindu kepada saudaranya agar terjalin hubungan persaudaraan yang Kokok.

 










Penulis : Hilmi Muhammad KPI 20

Editor : Devisi Keilmuan

 

This post have 0 komentar


EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post