27 Juni 2023

author photo
Keutamaan Puasa Sunnah Tarwiyah


Pada tanggal 8 Dzulhijjah merupakan pelaksaan Puasa Tarwiyah dan puasa Arafah dilaksanakan pada tanggal 9 Dzulhijjah. Tanggal 8 Dzulhijjah 1444 H jatuh besok, Selasa, 27 Juni 2023. Bersamaan dengan itu, puasa Arafah jatuh pada Rabu, 28 Juni 2023.


Hukum puasa tarwiyah di bulan Dzulhijjah adalah sunnah. Yang mengatakan, tidak apa-apa jika Anda tidak melakukannya, tetapi sayang jika kalian lupa, karena itu Allah menawarkan pahala yang sangat besar. Maka alangkah lebih baiknya, jika kita mengerjakannya.


Puasa ini memiliki beberapa keutamaan yang luar biasa, salah satunya adalah dapat menghapus dosa. Sebuah hadits menyebutkan bahwa salah satu keutamaan puasa tarwiyah adalah dapat menghapus dosa selama setahun.


Imam Bukhari juga berbicara tentang keutamaan amal saleh di bulan Dzulhijjah. Itu berarti:


"Oleh Ibnu Abbas dengan Hadits-Marfu berkualitas tinggi". "Tidak ada hari-hari di mana amal saleh lebih diridhai Allah daripada hari-hari ini, yaitu sepuluh hari Dzulhijjah." Kemudian para sahabat bertanya: "Bukankah itu Jihad, wahai Rasulullah?" Nabi menjawab: “Tidak ada jihad di jalan Allah kecuali orang yang keluar dengan dirinya dan hartanya lalu kembali dengan tidak membawa apa-apa lagi.” (HR.Bukhari).



Penulis : Ninis Fitria

Editor : Devisi Keilmuan

This post have 0 komentar


EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post