29 Juni 2023

author photo



Lumajang - Sebuah momen yang ditunggu oleh para santri di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur'an (PPTQ) Ar-rahmah ini adalah, momen mencuci jeroan di sungai. Karena di momen ini mereka bisa keluar pondok bersama teman-teman nya untuk bersama-sama mencuci jeroan hewan-hewan kurban. 


Para santri yang mendapatkan jatah untuk mencuci jeroan ini selalu semangat, walaupun mereka tahu akan berpanas-panasan di pinggiran sungai. Akan tetapi rasa panas itu bisa terasa hilang ketika mereka mencuci jeroan nya bersama teman sambil bercanda gurau. 


Tentu sungai yang dipilih untuk mencuci jeroan ini juga tidaklah terlalu dalam, hanya sebatas lutut mereka saja agar tidak berbahaya. Keseruan lainnya dirasakan oleh para santri putra ini ketika mencuci jeroan adalah, ketika mereka sama-sama mendorong gerobak dari dalam pesantren menuju ke sungai diluar pesantren. 


Karena mereka harus mendorong ketika melalui gapura pesantren dikarenakan jalanannya yang menanjak, dan tidak terlalu kuat ketika menggunakan motor. Kebersamaan itulah yang selalu dirasakan oleh para santri putra ketika momen untuk bersama-sama mencuci jeroan hewan-hewan kurban yang ada.

This post have 0 komentar


EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post