23 Juni 2023

author photo



Lumajang- kabupaten Lumajang yang terkenal dengan sebutan kota pisang memiliki salah satu karakteristik yakni kuliner nya yang tidak kalah menarik. Beberapa jajanan kuliner yang menarik dapat ditemui disekitar alun-alun kota Lumajang, mulai dari kuliner tradisional sampai kuliner bermodel luar negeri. Harga yang ditawarkan pun sangat standar dan bisa dibilang murah, maka dari itu tidak heran apabila banyak anak sekolah yang sering berburu kuliner disekitar alun-alun kota Lumajang . 


Seperti contohnya es sumo ini, es sumo adalah salah satu minuman yang dijual disekitar alun-alun kota Lumajang, banyak orang yang menyukai es ini, karena selain enak es ini juga memiliki harga yang sangat murah, dengan memiliki uang senilai 3000 rupiah saja pembeli sudah bisa mendapatkan kesegaran dari es sumo ini.


 Banyak varian rasa dan topping yang dimiliki Es sumo ini mulai dari Es teh Yakult, es tau tea, es teh taro, coklat pisang dsb, tetapi yang banyak peminatnya adalah Es teh original. Es sumo ini mulai berkembang pesat, hingga saat ini terhitung sudah memiliki 4 cabang sekaligus. 

Es sumo ini memiliki tempat penjualan yang eksotik dan unik yakni transaksi jual beli nya terjadi di mobil bagian belakang dengan membuka bagian belakang mobil. Adapun cara pembuatan es sumo ini sangat simple dan terbilang sangat cepat. Bagian penutup atas Gelas es sumo ini menggunakan mesin canggih penutup plastik. 


Dibalik kesederhanaan dan kesegaran yang tersedia pada es sumo ini, setiap harinya penjual es sumo ini mendapatkan omset yang bisa dikatakan sangat besar sekitar 1 juta per hari.








Penulis: Alfina Damayanti KPI 20

Editor: Devisi Keilmuan 

This post have 0 komentar


EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post