28 Juni 2023

author photo



Pahala yang diterima ummat Islam untuk menyelesaikan puasa Arafah ditunjukkan dalam hadits berikut yang diterbitkan oleh at-Tirmidzi pada otoritas Abu Qatadah r.a. disampaikan:


“Puasa hari Arafah adalah puasa yang saya harap dengan puasa ini, Allah SWT akan mengampuni dosa-dosa setahun yang lalu dan setahun yang akan datang.” (HR.Imam Muslim).


Puasa sunnah selain dapat menghapus dosa selama dua tahun, juga memiliki keutamaan mengabulkan doa. Dengan kata lain, bagi ummat Islam yang berpuasa di Arafah dan berdoa kepada Allah, Allah SWT akan mengabulkannya. Pasalnya, puasa tersebut bertepatan dengan penyerahan ibadah Wukuf oleh jama’ah haji di Padang Arafah.


Berdasarkan hadits yang diriwayatkan oleh Imam Tirmidzi, Rasulullah SAW bersabda:

“Sebaik-baik shalat adalah shalat pada hari Arafah. Dan sebaik-baik ucapanku, seperti yang diucapkan para Nabi sebelumku, adalah ucapan “Laa ilaha illallah wahdahu laa syarika lah, lahul mulku walahul hamdu wa huwa ala kulli sya-in qadiir” (Tidak ada Tuhan selain Allah saja, itu tidak ada. ). Saudara, karena Dialah yang memiliki segala kerajaan dan segala puji bagi-Nya, Allah yang berkuasa atas segala sesuatu.”(HR.Tirmidzi).

This post have 0 komentar


EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post