22 Juni 2023

author photo



Pada tanggal 22 Juni 2023 yang jatuh tepatnya pada hari Kamis. Tanggal ini diperingati sebagai hari lahir Daerah Khusus Ibu Kota Jakarta (DKI Jakarta). DKI Jakarta merupakan ibu kota Negara yang berada di Jakarta dan juga termasuk kota terbesar di Indonesia yang terletak di pesisir bagian barat laut pulau jawa.



Selain itu, ada juga peringatan dan perayaan lainnya yang bertepatan pada hari ini. Berikut adalah peringatan untu tanggal 22 Juni di tahun 2023.



Setiap tanggal 22 Juni diperingati hari jadi kota Jakarta atau hari jadi DKI Jakarta. HUT DKI Jakarta memiliki tema yang berbeda setiap tahunnya. Tema tahun ini adalah "Buruh Untuk Nusantara". Tema ini mengadaptasi slogan Jakarta 2023 yaitu “Kesuksesan Jakarta untuk Indonesia”.



Mengutip dari portal resmi Pemprov DKI Jakarta : Kota Jakarta memiliki sejarah yang panjang. Jakarta yang dahulu bernama “Batavia” dikenal sebagai pusat perdagangan internasional, karena kekayaan rempah-rempah Indonesia.



Sedangkan 22 Juni dipilih sebagai tempat kelahiran kota Jakarta sejak Pangeran Fatahillah menyerang pelabuhan Sunda Kelapa pada tanggal 22 Juni 1527. Pelabuhan Sunda Kelapa dikenal sebagai pusat perdagangan Portugis kala itu. Ada juga sejarah panjang di balik penamaan Jakarta.



Pada Umumnya, Batavia berganti nama menjadi Jakarta atau Jakarta Tokubetsu Shi setelah masa penjajahan Jepang. Setelah proklamasi kemerdekaan Indonesia pada tahun 1945, Jakarta menjadi pusat kegiatan politik dan pemerintahan, yang sebelumnya telah menjadi ibu Kota Negara di tahun 1966 lalu.




Penulis : Ninis Fitria KPI 20

Editor : Devisi Keilmuan

This post have 0 komentar


EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post