21 Juni 2023

author photo

 


Lumajang - Ikatan Guru RA (IGRA) se-Lumajang menggelar kegiatan pembinaan kolosal Tahfiz yang berada di Masjid Al-Falah Kunir. Kegiatan ini dihadiri oleh puluhan anggota IGRA dari berbagai sekolah di kabupaten Lumajang. Sabtu, (17/06/2023).


Pembinaan kolosal Tahfiz yang dilaksanakan bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur'an serta memperdalam pemahaman terhadap ayat-ayat suci Al-Qur'an. Kegiatan ini merupakan salah satu upaya IGRA se-Lumajang dalam membina generasi muda yang mencintai dan menghafal Al-Qur'an.


Acara pembinaan tilawah diawali dengan pembukaan oleh pembina tilawah Beliau menyampaikan pentingnya mempelajari Al-Qur'an dengan baik dan benar, serta mengajak seluruh peserta untuk aktif dalam kegiatan pembinaan tilawah.


Selanjutnya, acara dilanjutkan dengan pelatihan teknik membaca Al-Qur'an yang dipimpin oleh Ustadzah Lilis, beliau pembina tilawah di Lumajang. Peserta diajarkan tajwid, meliputi cara melafalkan huruf-huruf hijaiyah dengan benar, makhraj, serta lagu nahawad.


Selama pelatihan, peserta diberikan kesempatan untuk berlatih membaca Al-Qur'an secara bergantian per kecamatan di hadapan ustadzah dan mendapatkan masukan serta koreksi untuk perbaikan. Hal ini bertujuan agar peserta dapat meningkatkan kemampuan membaca dengan baik dan benar.


Pembina tilawah, Ustadzah Iftitah menyatakan kebanggaannya terhadap antusiasme peserta dalam mengikuti pembinaan tilawah tersebut. Ia berharap kegiatan seperti ini dapat terus dilakukan secara rutin untuk membentuk generasi muda yang memiliki kecintaan dan pemahaman yang mendalam terhadap Al-Qur'an.


Acara pembinaan tilawah ini berlangsung dengan lancar dan diakhiri dengan doa bersama. Para peserta menyampaikan rasa terima kasih kepada pembina tilawah Lumajang atas penyelenggaraan kegiatan yang bermanfaat ini. Mereka berharap akan ada lebih banyak lagi acara serupa di masa depan.


Dengan adanya kegiatan pembinaan tilawah seperti ini, diharapkan generasi muda di Lumajang dapat menjadi penerus yang baik dalam memelihara keindahan tilawah Al-Qur'an dan menerapkan nilai-nilai Islam dalam kehidupan mereka sehari-hari.















Penulis: Alfina Damayanti KPI 20

Editor: Devisi Keilmuan 





This post have 0 komentar


EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post