28 Juni 2023

author photo



Hari Raya Idul Adha 1444H/2023 jatuh pada tanggal 29 Juni 2023 menurut ketetapan pemerintah. Umat Muslim disunnahkan untuk mengumandangkan takbir dalam menyambut hari memperingati pengorbanan Nabi Ibrahim tersebut.


Manfaat Takbir sudah dijelaskan Rasulullah SAW dalam hadits yang berbunyi:

"Tidak ada hari-hari yang lebih agung di sisi Allah dan amal saleh di dalamnya lebih dicintai oleh-Nya daripada hari yang sepuluh (sepuluh hari pertama dari Dzulhijjah), karenanya perbanyaklah tahlil, takbir, dan tahmid di dalamnya,” (HR Ahmad).


Beberapa Manfaat yang bisa diambil lagi dari mengumandangkan takbir ketika Idul Adha yaitu Untuk mendapatkan ketenangan pikiran dan terhindar dari perasaan buruk yang dapat menimbulkan fitnah dan dosa. selain manfaat ada dua jenis takbir yaitu sebagai berikut,


Ada dua jenis takbir, yang pertama yaitu takbir muqayyad dan yang kedua yaitu takbir mutlak. Perbedaan pada takbir tersebut yaitu pada pelaksanaannya. Menurut Muhammad Al-Utsaimin dalam Nahwu Fiqhu Roosyid as'alatu Wa-ajwiba Fi Sholatil'iedin menjelaskan bahwa takbir yang disunnahkan dibaca setiap waktu sholat yaitu Takbir Mutlak, yang mana takbir ini bisa dibaca dimana saja, baik sendiria  atau berjamaah.


Sedangkan Takbir Muqayyad dibaca setelah salat wajib lima waktu, terutama setelah salat berjamaah. Takbir ini dimulai setelah subuh di hari arafah hingga usai salat asar di hari tasyriq.

Bacaan Takbiran Idul Adha ;


للهُ اكبَرْ, اللهُ اكبَرْ اللهُ اكبَرْ لاالٰهَ اِلاالله وَاللهُ اَكبر, اللهُ اكبَرُوَِللهِ الحَمْد


اللهُ اكبَرْ كبيْرًا والحَمدُ للهِ كثِيرًا وَسُبحَانَ اللهِ بُكرَةً واَصِيلا، لااله اِلااللهُ ولانعْبدُ الاإيّاه، مُخلِصِينَ لَه الدّ يْن، وَلَو كَرِهَ الكَا فِرُون، وَلَو كرِهَ المُنَافِقوْن، وَلَوكرِهَ المُشْرِكوْن، لاالهَ اِلا اللهَ وَحدَه، صَدَق ُوَعْدَه، وَنَصَرَ عبْدَه، وَأعَزّجُندَهُ وَهَزَمَ الاحْزَابَ وَاحْدَه، لاالٰهَ اِلاالله وَاللهُ اَكبر، اللهُ اكبَرُ وَِللهِ الحَمْ

Artinya:

"Allah maha besar Allah maha besar Allah maha besar. Tidak ada tuhan melainkan Allah, dan Allah maha besar, Allah maha besar dan segala puji bagi Allah.

Allah Maha Besar dengan segala kebesaran, segala puji bagi Allah dengan sebanyak-sebanyak puji, dan Maha suci Allah sepanjang pagi dan sore. Tiada Tuhan (yang wajib disembah) kecuali Allah dan kami tidak menyembah selain kepada-Nya dengan memurnikan agama Islam, meskipun orang-orang kafir, orang-orang munafik, orang-orang musyrik membencinya. Tiada Tuhan (yang wajib disembah) kecuali Allah dengan ke Esa anNya, Dia zat yang menepati janji, zat yang menolong hamba-Nya dan memuliakan bala tentara-Nya dan menyiksa musuh dengan ke-Esa-anNya. Tiada Tuhan (yang wajib disembah) kecuali Allah dan Allah Maha Besar, Allah Maha Besar, dan segala puji hanya untuk Allah."

This post have 0 komentar


EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post