10 April 2023

author photo
sumber : https://www.suarasurabaya.net/


Lumajang - Bulan suci ramadhan selalu menjadi hal yang dinanti oleh setiap umat muslim apalagi seorang santri. Kedatangan bulan suci ini disambut dengan suka cita oleh para santri, karena selain keistimewaan bulan ramadhan momen itu juga menjadi waktu libur dan pulangan bagi para santri. Adapun yang dimaksud libur disini, adalah para santri yang diperbolehkan pulang ke rumah masing – masing. Liburan ini dikenal liburan santri.


Tak ketinggalan, Ada ratusan santri yang menunggu pulangan di bulan Ramadhan ini. Banyak teman santri yang antusias, sehingga selama bulan ramadha ini banyak teman santri yang telah membereskan barang- barang mereka yang akan dibawa pulang.


Meskipun Pondok Pesantren memberi waktu libur, ada sebagian santri yang tidak diperbolehkan pulang. Sebab banyak teman santri yang pulang kemudian kembali tidak sesuai dengan jatah pulang yang diberikan. Biasanya, sehari sebelum pulang akan diadakan kebersihan massal di pesantren Kyai Syarifuddin.


Kemudian setelah itu, paginya seluruh santri akan secara bergantian berpamitan kepada seluruh Pengasuh Pondok Pesantren Syarifuddin dan keluarga Ndalem  sebelum pulang. Meskipun adanya hari libur, teman santri harus tetap menjaga perilaku, dan nilai- nilai pondok pesantren dirumah masing- masing. Jadi kehidupan santri, baik di pondok maupun di rumah harus berpegang pada kedua pedoman di atas, Al Qur’an dan Sunnah Rasul.













Penulis : Durratun Nafisah / KPI 22

Editor : Devisi Keilmuan

This post have 0 komentar


EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post