30 Maret 2023

author photo


Wonorejo - Fenomena ngabuburit atau kegiatan menjelang berbuka puasa di pinggir jalan kembali terlihat di beberapa wilayah Lumajang khususnya di KWT . Kegiatan yang biasa dilakukan oleh masyarakat ini menjadi tradisi yang tetap dilestarikan setiap tahunnya selama bulan Puasa.


Di beberapa titik, sepeeti di Alun-alun Kota, Taman Kota, KWT terlihat sejumlah orang berkumpul di sepanjang jalan sambil menunggu waktu berbuka puasa tiba. Beberapa di antaranya membeli makanan dan minuman dari pedagang kaki lima yang ada di sekitar tempat ngabuburit, ada juga yang hanya duduk-duduk santai untuk menunggu waktu adzan tiba.



Namun, tidak semua orang menyambut positif kegiatan ngabuburit di pinggir jalan ini. Sejumlah orang mempertanyakan kebersihan tempat ngabuburit.


Namun, bagi sebagian orang, kegiatan ngabuburit di pinggir jalan merupakan tradisi yang harus tetap dijaga. "Ngabuburit di pinggir jalan ini sudah menjadi tradisi yang turun-temurun selama bulan Ramadhan. Kami selalu berusaha menjaga kebersihan lingkungan," ujar Tika salah seorang pengunjung


Fenomena ngabuburit di pinggir jalan ini menjadi bagian dari kehidupan masyarakat di Lumajang menjelang bulan suci Ramadhan. Meskipun ada pro dan kontra, namun tradisi ini tetap dilakukan oleh sebagian besar masyarakat Lumajang sebagai bentuk kebersamaan dan keakraban dalam menjalankan ibadah puasa.

















Penulis dan Reporter : Merdea Sumanti / KPI 20

Editor : Devisi Keilmuan

This post have 0 komentar


EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post