10 Maret 2023

author photo


Wonerjo - Beberapa mahasiswa Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) mengikuti kegiatan pelatihan jurnalistik, di Gedung D MA Syarifuddin Lumajang, Jum'at (10/03/2023).


Kegiatan ini digelar oleh pengurus Himpunan Mahasiswa Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam (HMPS KPI) Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam (FDKI) Institut Agama Islam Syarifuddin (IAIS), pada kesempatan kali ini, pihak panitia mendatangkan narasumber langsung dari salah satu wartawan JTV, Yongki Nogroho, dia sekaligus mantan pengurus HMPS KPI angkatan 2016.


kegiatan pelatihan jurnalistik ini merupakan salah satu program HMPS KPI yang tujuannya untuk mengembangkan minat dan bakat mahasiswa di bidang kepenulisan dan kejurnalistikan. Menurut yang dipaparkan oleh narasumber, hal yang menjadi dasar dalam kepenulisan itu kita harus memahami cara pengambilan objek yang akan menjadi sajian berita.


“kalain sebelum masuk ke tahap penulisan berita, harus paham dulu tentang pengambilan sudut pandang, seperti long shot, dll” ungkapnya


Dalam kegiatan pelatihan ini Yongki  juga menggarisbawahi bahwa menjadi seorang jurnalis tidak cukup hanya bisa menulis, harus dibarengi dengan teknik-teknik menulis yang harus dikuasai seorang jurnalis.


“jika kalian terbiasa menulis berita, maka kalian akan faham teknik-teknik kepenulisan seperti memahami 5W+1H” sambungnya


Hal senada disampaikan oleh Zakaria Al Fikri Derektur Hmps KPI, mempelajari ilmu jurnalistik akan mendapatkan banyak manfaat terlebih lagi ketika nantinya benar-benar menjadi seorang wartawan, tidak saja akan menambah pengalaman, namun juga manfaat lain yang akan didapatkan.


“para peserta selepas kegiatan ini dapat mengaplikasikan ilmu jurnalistiknya di media HMPS SntriBejo” tegasnya


Selama mengiukuti pelatihan jurnalistik peserta diberikan materi tentang kepenulisan dan cara menulis berita yang layak tayang di media sosial. Peserta pelatihan juga dilatih untuk membuat berita-berita fakta.


Putri salah satu peserta pelatihan jurnalistik berharap dia dapat menjadi jurnalis yang berkualitas dan profesional.


“Selama mengikuti pelatihan jurnalistik ini kami tadi diajari berbagai trik agar tulisan yang dibuat layak tayang dan menjadi seorang jurnalis yang handal. Hal ini sangat menarik bagi saya dan juga teman-teman saya selaku anak KPI” pungkasnya.







Penulis : Sohibuddin KPI 20

Editor : Devisi Keilmuan

This post have 0 komentar


EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post