22 Maret 2023

author photo


sumber : Infobudayaindonesia.com


Tradisi Megengan merupakan tradisi turun temurun orang Jawa guna menyambut bulan suci Ramadhan. Istilah megengan sendiri  berarti "menahan". Dengan diadakannya berkumpul bersama untuk membaca tahlil serta dzikir, dan kemudian makan bersama.


Hal ini dilakukan guna mempersiapkan diri menyambut bulan suci Ramadhan, sebab dalam Megengan ini terdapat nilai ibadah, mulai dari pembacaan dzikir hingga bershodaqoh.Namun terkadang tradisi yang dikenalkan oleh Sunan Kalijaga ini, di sebagian daerah hanya diperingati dengan memberikan makanan / bershodaqoh kepada sanak keluarga tanpa diadakan perkumpulan dan dzikir bersama.


Akan tetapi tidaklah mengapa, sebab Megengan ini dilakukan bagaimanapun caranya asal diniatkan beribadah untuk mensucikan diri menyambut bulan suci Ramadhan, dan biasanya dilakukan pada minggu terakhir Bulan Sya`ban. Biasanya, kue apem selalu hadir dalam hidangan megengan. Karena diyakini oleh orang Jawa, bahwa kata apem berasal dari bahasa Arab "Afwan" yang berarti ampunan. Dan berharap dapat saling memaafkan agar dapat melaksanakan ibadah puasa tanpa adanya permusuhan.


















Penulis : Putriana Nur Faizah / KPI 22

Editor  : Devisi Keilmuan




This post have 0 komentar


EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post