30 Maret 2023

author photo


 

Santribejo.com - Pasti kamu sudah tidak asing lagi dengan buah kurma, bukan? Dari dulu, buah satu ini selalu identik dengan bulan puasa atau Ramadan. Apalagi, salah satu manfaat kurma adalah bisa meningkatkan metabolisme dan sistem kekebalan tubuh.


Kurma merupakan buah yang kaya akan nutrisi dan memiliki banyak manfaat kesehatan. Salah satu manfaat kurma adalah sebagai sumber energi yang baik. Kandungan karbohidrat yang tinggi dalam kurma dapat memberikan energi yang cukup untuk tubuh Anda. Kurma juga merupakan pilihan yang bagus untuk camilan yang sehat, karena kurma rendah lemak dan kolesterol.


Kurma adalah salah satu jenis takjil dengan tekstur yang kenyal dan rasa yang manis sejak gigitan pertama. Kurma pun menjadi takjil favorit Baginda Nabi Muhammad SAW dan merupakan sunnah rasul sebagai buah yang harus dikonsumsi saat awal buka puasa.  Mengapa Rasulullah SAW memilih kurma sebagai makanan awal pembuka? Adakah hikmah di baliknya? Dijelaskan bahwa setelah berpuasa, zat yang paling dibutuhkan tubuh adalah glukosa. Zat ini dapat ditemukan di dalam kurma dan buah ini mengandung energi yang sangat luar biasa.



Dalam satu buah kurma terdapat banyak kandungan vitamin, kalsium, hingga zat besi yang bagus untuk tubuh. Buah yang berasal dari Timur Tengah ini memang kaya akan nutrisi. kurma juga menyediakan zat gizi penting yang dibutuhkan tubuh selama berpuasa sebanyak 70% kandungan kurma adalah gula. gula baik untuk mengembalikan energi dengan cepat setelah seharian berpuasa. konsumsi kurma juga membantu mengurangi lemah saat berpuasa terutama jika kamu menderita anemia. manfaat ini berasal dari kandungan zat besi dan folat yang baik untuk menghasilkan sel darah merah.


kurma juga bisa mengganjal lapar lebih lama jadi sehingga kamu tidak perlu makan terlalu banyak saat berbuka.  untuk kamu yang sering mengalami masalah lambung selama berpuasa kurma bisa jadi pilihan yang tepat kurma mengandung fenolik yang bersifat antioksidan dan anti inflamasi. senyawa ini dapat melindungi lapisan lambung serta mengurangi resiko radang lambung selama berpuasa.





























Penulis dan Reporter : Fatchus Suluzy / KPI 20

Editor : Devisi Keilmuan

This post have 0 komentar


EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post