15 Maret 2023

author photo


 


Wonorejo - Dalam rangka mempersiapkan pelatihan leadership untuk seluruh Kosma Institut Agama Islam Syarifuddin (IAIS) Wonorejo Lumajang, Abdul Wadud Nafis LC, Ketua Yayasan Syarifuddin mengumpulkan seluruh kosam serta beberapa dosen pendamping. Seperti, Zainul Arifin, salah satu dosen Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam (FDKI) serta Muhyidin, pengurus musholla putri dan putra Kampus, di musholla putri Kampus IAI Syarifuddin. Rabu, (15/3/23).


Selain menyiapkan alat-alat yang perlu dibawa oleh setiap individual, Ketua Yayasan yang seringkali dijuluki Gus Wadud, memberi asupan berupa teori dan beberapa nasihat guna menguatkan kesiapan ruhiyah mereka. Seperti beberapa nasihat, motivasi, kisah-kish inspiratif kepemimpinan, dan sebagainya.


"Untuk mengikuti pelatihan leadership nantinya bukan hanya berbekal material saja, melainkan juga jiwa kemandirian, pemikiran yang kritis dan kreatif yang bersumber pada otak, karena otak adalah kekayaan manusia yang sebenarnya, dan tak lupa juga dengan melakukan suatu pekerjaan secara keras, cerdas, tuntas, dan yang paling penting ikhlas". Tegasnya


Tak hanya berpaku pada Ketua Yayasan, kedua dosen pendamping juga memaparkan kata-kata motivasi yang tak kalah dapat membakar semangat jiwa para pemimpin siang itu.


Zainul Arifin yang sudah biasa dengan kalimat penuh motivasinya turut mengemukakan gagasannya kala itu.

 "Pemimpin itu diuji oleh daya pola pikir yang kreatif, sesuai yang diucapkan Gus Wadud. Tidak dikatakan seorang pemimpin jika hanya meminta dan selalu disiapkan, pemimpin itu mereka yang memiliki patner serta memiliki kreativitas yang mumpuni. Pemimpin itu kreatif bukan hanya idealis". Ungkapnya


Tak cukup di situ saja, Muhyidin sebagai pengurus ta'mir musholla putri dan putra kampus juga mengungkapkan, untuk seorang pemimpin dapat menyiapkan secara mandiri, serta kreatif, dan yang perlu dipaten yaitu Konsisten, Inovasi, dan Sinergi (KIS).


“hal yang paling penting bagi pemimpin itu tekad serta keaktifan dalam organisasi”. Terangnya


Seluruh kosma yang hadir saat itu antusias sekali dengan diadakannya perkumpulan seluruh kosma dari masing-masing jurusan, hal itu akan menjadi langkah awal bagi mereka untuk memberikan sumbangsihnya terhadap kampus.


Hal itu diungkapkan oleh Shohibuddin Presiden Mahasiswa terpilih menurutnya, perlunya diadakan pelatihan leadership bagi seluruh kosma karena itu menjadi tanggung jawab besar bagi mereka sebagai mahasiswa.


“saya harap dengan adanya kegiatan ini, seluruh kosma-kosma bisa kolaborasi dengan pengurus BEM kedepan”. Pungkasnya












Penulis : Izza Afkarina / KPI 22

Editor   : Devisi Keilmuan

This post have 0 komentar


EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post