14 Maret 2023

author photo


Ikan tongkol, pada umumnya hanya diolah menjadi pepes, oseng-oseng, gulai tongkol, dan menu lauk pauk lainnya. Namun kali ini, ikan tongkol diolah dengan variasi yang berbeda, yaitu diolah menjadi keripik tongkol natuna.


Selama ini, yang sering kita rasakan hanya sebatas keripik pisang, keripik singkong, keripik talas, dan sejenisnya. Jadi, dengan olahan keripik tongkol yang sedikit unik untuk seseorang yang pertama kali mengetahui hasil olahan tersebut.

 

Cara membuatnya pun cukup mudah, sediakan tepung terigu yang dicampur dan dihaluskan dengan ikan tongkol serta bumbu-bumbu halus lainnya, seperti bawang putih, penyedap rasa, dan garam, serta air secukupnya. Setelah itu, langsung cetak sesuai selera atau bisa langsung digoreng di atas minyak panas hingga  warnanya berubah menjadi kuning keemasan.


Setelah selesai disajikan, sangat cocok sekali sebagai camilan pada musim yang tidak menentu atau kadang hujan dan terkadang panas seperti akhir-akhir pekan ini. Apalagi untuk kalangan Mahasiswa, yang tidak pernah luput akan deadline tugas harian, keripik tongkol siap menemani hingga tugas tuntas.


Sekarang, giliran kalian rasakan lezatnya keripik tongkol gurih dan renyah. Jenis apapun lidahnya, nggak akan berubah deh rasanya. Pasti bikin nagih!








Penulis : Izza Afkarina / KPI 22

Editor : Devisi Keilmuan 

This post have 0 komentar


EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post