17 Maret 2023

author photo

 



Wonorejo - Pengurus Dewan Eksekutif Mahasiswa (DEMA) Institut Agama Islam Syarifuddin (IAIS) Wonorejo Lumajang gelar seminar kepemimpinan usai terlaksananya pelantikan dan pengesahan logo Kabinet Unggul. Dengan narasumber yang antusias, yaitu AKP Samsul Hadi, Kapolres Lumajang dan Wisnu, ketua devisi hukum juga rekan dari AKP Samsul Hadi, yang mengangkat tema 'Akselerasi Pola Peradaban, dalam Optimalisasi Tata Organisasi yang Administratif, Bersinergi, dan Berintegritas', Jumat (17/3/23).


AKP Samsul Hadi, sekaligus Kapolres Lumajang, sebagai narasumber pertama, memaparkan segala perspektifnya mengenai kepemimpinan. Baik kepemimpinan dalam suatu organisasi maupun dalam lingkup sosial atau masyarakat luas.


"Dimanapun berada, kepemimpinan merupakan seorang yang dapat merangkul atau mempengaruhi keseluruhan yang ada di bawah naungannya," ujar Kapolres dalam penyampaian pada seminar.


Selain itu, Wisnu, sebagai ketua devisi hukum, juga turut memaparkan luasnnya pengetahuan dan perspektifnya terkait kepemimpinan. Sedikit berkaitan dengan perspektif rekannya, yang menjadi narasumber di awal.


"Kepemimpinan, yang paling penting juga harus didukung oleh orang-orang dalam lingkungan dimana ia tinggal, karena tanpa dukungan dan kepercayaan orang lain yang melihat kita dengan wibawa sehingga disuarakan menjadi seorang pemimpin, maka tidak akan terjadi hal tersebut," pungkasnya.


Lanjut Wisnu, suatu pegangan bagi seorang pemimpin harus memiliki 4 hal. Yaitu, Man (memiliki hubungan kuat dengan manusia luas), Managerial yang terstruktur dan teratur, Money (uang sebagai pelengkap kebutuhan), dan Metode-metode yang mapan atau tepat.












Penulis : Izza Afkarina

Editor    : Devisi Keilmuan

This post have 0 komentar


EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post