29 Maret 2023

author photo
Sumber : CNN Indonesia

Santribejo.com - Umat ​​Islam di seluruh dunia saat ini sedang menjalankan ibadah puasa di bulan suci Ramadhan 1444 H 2023. Rabu, ( 29/3/2023).


Berikut adalah tujuh manfaat (Keistimewaan) bulan Ramadhan bagi umat Islam untuk dilakukan .

 

Bulan Ramadhan adalah bulan mulia yang di dalamnya banyak ditemukan keutamaan. Setiap datangnya bulan Ramadhan, umat Islam menyambutnya dengan suka cita karena banyaknya berkah yang dikandungnya. 


Dalam ayat yang berbicara tentang puasa, Allah menyatakan bahwa Al-Qur'an diturunkan pada bulan Ramadhan. Penjelasan tentang kekhususan bulan suci Ramadhan juga dikumpulkan dari hadits-hadits Nabi. 



Lantas apa saja manfaat Ramadhan yang bisa didapatkan umat Islam?


Berikut keutamaan bulan Ramadhan yang bisa didapatkan umat Islam mengutip Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Lumajang :


1. Bulan Diturunkannya Al-Qur`an 

Ramadhan adalah bulan diturunkannya Al-Qur'an Di bulan Ramadhan. 

Allah menurunkan Al-Qur'an kepada umat manusia. Al-Qur'an diturunkan pada bulan Ramadhan sebagai petunjuk bagi umat manusia. Serta penjelasan tentang cara memimpin dan perbedaan (antara benar dan salah)”. 

Diborgolnya Jin dan setan, Ditutupnya pintu neraka, Dibukanya pintu syurga

Gerbang surga akan dibuka, gerbang neraka akan ditutup, setan akan diragukan.Sabda Nabi SAW : "Ketika bulan Ramadhan tiba, pintu surga akan dibuka dan pintu neraka akan ditutup, dan setan akan diikat." (HR. Bukhori dan Muslim)   


2. Waktu Mustajab terijabahnya do`a

“Sesungguhnya orang yang berpuasa pada saat berbuka mempunyai waktu dimana do`anya tidak tertolak.” (H.R Ibnu Majah).


3. Bulan yang penuh ampunan

“Selain dilipatgandakan pahala dibulan ramadhan yang merupakan sebuah amalan harus dikerjakan, dan yang membuat bulan puasa serasa istimewa adalah sebagai bulan yang penuh dengan ampunan.


4. Bulannya Ummat islam berpuasa 

Puasa Ramadhan adalah salah satu rukun Islam 

Firman Allah SWT :

“Hai orang-orang yang beriman, kamu harus berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu, agar kamu bertakwa. “(Al-Baqarah:183).“Islam didasarkan pada lima sendi, yaitu:Syahadat bukanlah ibadah yang hakiki melainkan Allah dan Muhammad adalah utusan Allah, memulai shalat, membayar zakat, puasa Ramadhan dan naik haji Baitul Haram. (Hadits Muttafaq 'Alaih). Ibadah puasa adalah salah satu cara yang paling penting untuk mencapai takwa dan salah satu alasan untuk mencapai pengampunan dosa, peningkatan amal kebaikan dan peningkatan derajat. Allah SWT telah menjadikan ibadah puasa istimewa di atas ibadah lainnya.  


5. Melakukan Sholat Tarawih 

Selain ibadah wajib puasa, di bulan Ramadhan juga terdapat ibadah sunnah sholat tarawih. Salah satu keutamaan sholat tarawih adalah di ampuni dosa yang telah lampau.


6. Terdapat Malam Lailatul Qadr

Ini adalah malam Lailatul Qadr. Lailatul Qadar adalah satu malam lebih baik dari seribu bulan yaitu. 83 tahun 4 bulan. Pada malam itu, saat gerbang surga dibuka, doa akan terkabul dan semua takdir tahun ini akan ditentukan. 













Penulis dan Reporter : Ninis Fitria / KPI 20

Editor : Devisi Keilmuan

This post have 0 komentar


EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post