5 Mei 2020

author photo
Pict By: Pixabay.com


puasa  ramadhan hukumnya wajib bagi ummat islam yg mukallaf. Dibalik kewajiban tersebut, terdapat berbagai manfaat terkait kedekatan seorang muslim terhadap Allah.
manfaat puasa tersebut ada 7 yaitu:

1. Meningkatkan ketaqwaan
manfaat pertama puasa sudah tercantum dalam ayat perintah mengerjakan ibadah ter sebut.dalam surah al baqarah:183,Allah berfirman
"Hai orang-orang yg beriman,diwajibkan atas kamu berpuasa sebagai mana diwajibkan bagi orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa."

2. Menghapus dosa
puasa adalah tindakan seseorang untuk menahan diri dari segala sesuatu yg berkaitan dg syahwat.puasa ini di tujukan untuk memurnikan diri.

3. Mengendalikan syahwat
puasa ramadhan membuat seseorang tidak makan,minum sejak fajar terbit hingga matahari tenggelam selama 29/30 hari.dalam keadaan lapar,syahwat akan mudah di kendalikan.selain itu puasa dapat jadi tempat perenungan bagi seorang mualim bahwa lebih banyak orang yg tidak beruntung dari pada dirinya bahwa nafsu-nafsu duniawi tidak menghasilkan apa pun.

4. Memperbanyak sedekah
puasa ramadhan adalah kesempatan bagi seorang muslim untuk beramal lebih banyak.

5. Menyempurnakan ketaatan
semestinya dengan berpuasa ramadhan menyucikan diri dari segala syahwat selama sebulah pebuh,seorang muslim akan tiba kebulan syawal sebagai sosok baru,yang lebih dekat kepada Allah,dan yang lebih peduli kepada sesama dari derita yang diterima selama puasa.

6. Meningkatkan rasa syukur
puasa ramadhan selama 29/30 hari adalah bukti kasih sayang Allah kepada ummatnya.di balik kewajiban mengerjakan kewajiban ini,Allah memberi keringanan-keringanan bagi mereka yg tidak sanggup menjalaninya,entah dalam keadaan sakit atau dalam perjalanan.

7. Mencegah diri dari perbuatan maksiat
secara tidak langsung orang yg berpuasa akan membentengi dirinya sendiri dari perbuatan buruk yang mengurangi pahala puasa.semakin banyak ia berpuasa,semestinya semakin berkurang pula potensi kesalahan atau kerusakan yg di buatnya.
itulah manfaat-mafaat dari berpuasa di bulan ramadhan dan semua itu sudah tertera dalam Al Qur'an surah Al Baqarah ayat 183.

Suyut/KPI 2

This post have 0 komentar


EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post