29 April 2020

author photo
Pict By: Pixabay


banyak yang menganggap bahwa seorang yang pintar akan sukses. Apakah demikian, apakah benar? Nyatanya....banyak orang yang kuliah sampai S-3 masi nganggur aja dan banyak juga yang bahkan tidak kuliah, eh malah dapat kerja dengan gaji yang lumayan. Nah kalau sudah begitu, apa yang harus kita lakukan? Apa harus kita tidak kuliah, tidak melanjutkan pendidikan jika kita tahu bahwa pendidikan tinggi tidak menjamin kesuksesan?. Jika pendidikan tidak menjamin kesuksesan, lalu apa sih yang membuat kita sukses?.

Nah, ada lima hal yang harus ada pada diri kita agar kesuksesan bisa digenggam:

1.  IQ ( intelligence question)
Yaitu kemampuan untuk dapat memahami dan mengerti suatu informasi dengan cepat. Orang yang mempunyai IQ tinggi memang menjadi modal utama dalam mencapai sesuatu seperti ingin kerja dan ingin melanjutkan ke jenjaang pendidikan lebih tinggi, karena tak dapat dipungkiri orang yang mempunyai IQ tinggi akan lebih muda di terima di perguruan tinggi dan mendapat IPK tinggi sehingga dapat diterima di sebuah perusahan maju.
Terapi apakah cukup hanya dengan mempunyai IQ tinggi engkau dapat mencapai kesuksesan? Apakah hanya sesederhana itu?

2. EQ (emosional question)
Yaitu suatu kemampuan yang dapat mengendalikan emosinya sendiri dan bahkan orang lain. Orang yang memiliki kemampuan emosional cenderung dapat bekerja dengan baik dan jujur walaupun mereka sedang kesal dan jengkel. Karena mereka berfikir lebih baik mementingkan mementingkan pekerjaan mereka ketimbang dengan menuruti emosional mereka. 
Orang yang memiliki kecerdasan EQ tinggi akan mampu mengendalikan dirinya untuk dapat mencapai tujuan hidupnya.

3. AQ (adversity quotiont)
Yaitu suatu kemampuan seseorang dalam melewati tantangan dalam hidupnya. Tidak semua orang mampu dan bisa melewati tantangan yang ada di hidup nya, tapi  bukannya tidak bisa melainkan enggan untuk melewati tantangan dalam hidupnya. Ada yang berfikir takut untuk melewati tantangan tersebut ada yang malah tidak ingin sama sekali melewati tantangan tersebut yang artinya ia tak ingin bergerak maju ataupun mundur dan akhirnya ia akan tetap disini sini aja. Tapi bagi mereka yang cerdas dalam AQ nya, ia akan melewati rintangan yang ada dalam hidupnya. Walaupun gagal berkali kali ia akan tetap bangkit lagi. Orang yang seperti ini akan memiliki banyak pengalaman hidup dan akan lebih kuat dalam menjalani hidupnya.

4. FQ (financial Quotions)
Yaitu kemampuan seseorang dalam mengatur keuangan. Kemampuan ini sangat penting sekali. Banyak orang orang diluar sana yang awalnya bergelimpangan harta tetapi mendadak jatuh miskin, itu bukan karena apa, melainkan karena mereka tidak bisa mengatur pemasukan dan pengeluaran uang mereka, bagi mereka yang seperti itu akan cenderung hidup dalam kemewahan, membeli baju, tas, sepatu yang bermerek tetapi pemasukannya tidak sebanding. Nah dengan demikian, orang tersebut akan mudah bangkrut dan jatuh miskin. Tapi lain halnya dengan ia yang cerdas dalam segi FQ nya ia akan mambeli sesuai dengan kebutuhannya dan bahkan juga akan mampu membuat uang yang ia keluarkan bekerja untuknnya.

5. SQ (spiritual quotiens)
Yaitu kemampuan seseorang dalam mendekatkan diri pada tuhannya. Karna tidak  dapat dipungkiri segala kesuksesan yang kita raih ada campur tangan dari tuhan kita. Bagi mereka yang memiliki kecerdasan SQ ia akan lebih bisa bersabar dan pasrah dengan apa yang ia kerjakan. Karena ia yakin bahwa semuanya hanya atas izin Tuhannya. Dan dengan kemampuan SQ ini, seseorang akan lebih bersyukur dalam setiap hasil yang diperoleh, dan lebih mengerti dengan apa makna yang terkandung dalam hidup karna ia mampu lebih dekat dengan Tuhannya.

Jadi buat kalian yang tak memiliki IQ tinggi jangan menyesal dan jangan berputus asa karena dengan memiliki IQ tinggi bukanlah satu satunya jalan agar kita sukses dalam mencapai tujuan hidup kita. Walau tidak semua sifat kita bisa miliki, setidaknya kita harus terus belajar memiliki sifat tersebut. Boleh saja IQ kita rendah tapi EQ dan SQ justru tinggi, maka tidak perlu merasa kecil hati dan paling tidak mampu karena Tuhan menciptakan kita berbeda-beda dan memiliki kelebihan masing-masing.

Tidak ada yang tidak mungkin semua pasti bisa.

Ica/KPI 2



This post have 0 komentar


EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post