26 April 2020

author photo
Pict by: Pixabay.com


Kucing adalah sejenis binatang Karnivora, memiliki gigi dan saluran pencernaan yang khusus. Di kehidupan sehari hari kucing juga sering digunakan untuk membasmi tikus. Selain kucing mudah di pelihara, ia adalah hewan yang menggemaskan, tetapi tidak sedikit  juga orang yang tidak menyukai kucing, karna kucing memiliki cakar dan taring jadi orang merasa takut dengan hewan ini.

Saat ini kucing adalah salah satu hewan peliharaan yang terpopuler di dunia. Kucing termasuk hewan yang bersih, mereka sering merawat diri dengan menjilati bulu mereka sendiri, ketika kucing menjilati bulunya itu bukan hal menjijikkan tetapi kucing sedang mandi atau membersihkan dirinya. Air liur mereka adalah pembersih yang kuat, tapi dapat memicu alergi  pada manusia. Pada permukaan lidah kucing sangat kasar tetapi hal itu sangat berguna bagi kucing untuk menyikat atau membersihkan bulunya.

Kadangkala kucing memuntahkan hairball atau gulungan rambut yang terkumpul di dalam perut mereka. Kucing juga gampang untuk di ajari membuang air besar, cukup sediakan tempat atau wadah yang di beri pasir, ketika kucing selesai makan, biasakan membawanya ke wadah tersebut, jika sudah dibiasakan maka kucing dapat buang air sendiri ke tempatnya.

Suara "meong" kucing memiliki berbagai arti tergantung pengucapannya oleh si kucing. Kucing juga dapat mengeluarkan suara seperti dengkuran panjang yang sering disukai manusia. Karena suara ini bukan merupakan suara vokal, maka kucing dapat mengeluarkan suara dengkuran dan mengeong pada saat yang sama.

Ada beberapa fakta tentang kucing yang perlu di ketahui. Di antaranya:

1.  Kucing telah ada dari hampir 10.000 tahun. Bukti pertama kucing dijinakkan adalah di Cyprus dan telah tercatat sekitar 9.500 tahun yang lalu.

2. Mempunyai pendengaran yang sangat baik, bahkan lebih baik dari manusia.

3. Ketika kucing buang air kecil di suatu tempat itu artinya kucing telah menandai tempat tersebut sebagai wilayahnya sehingga kucing lain tidak akan berada di wilayahnya, terkadang hal tersebut juga dapat memicu pertikaian sesama kucing.

4. Dapat hidup berkisar 15 tahun, ada juga kucing yang bisa hidup 20 tahun tetapi sangat jarang ditemukan.

5. Jika kucing mendengkur berarti menunjukkan emosi positif seperti merasa senang dan nyaman, tetapi bisa juga mendengkur ketika sedang gelisah, takut dan menunjukkan emosi negatif lainnya.

6. Kucing lebih sering mengeong pada manusia. Jika diperhatikan, ketika berada di sekitar manusia, kucing sering mengeong seperti ingin mengajak komunikasi, sementara ketika berkumpul dengan sesama kucing, kucing malah jarang sekali mengeong.

Ada beberapa mitos kucing yang diketahui banyak orang yang perlu di ketahui kebenarannya, seperti, Kucing suka minum susu. Dalam kartun-kartun atau gambar, seringkali kucing digambarkan minum susu dengan senang hati. Padahal kucing sangat sensitif terhadap laktosa. Minum susu kerapkali mempengaruhi kesehatan kucing, yaitu menimbulkan gangguan pada perut kucing. 

Termasuk kucing tidak boleh minum susu sapi.
Makan ikan sangat baik untuk kucing. Faktanya, ikan tidak selalu bagus untuk kesehatan kucing. Banyak makan ikan dapat berakibat kucing mengalami kekurangan Vitamin E yang dapat membuat kucing terserang penyakit steatis dan membuat bulu kucing semakin rontok.

Dalam pandangan Islam, Kucing adalah hewan yang di sayangi oleh Nabi Muhammad. Ada beberapa kisah tentang kucing dengan sahabat nabi, seperti Abu Hurairah (Bapak para kucing)  julukan tersebut diberikan kepada beliau karna sangat menyayangi kucing.

Allah sangat mengangkat tinggi manusia yang menjaga kelestarian alam dan menjaga alam dari kerusakan. Salah satu yang bisa manusia lakukan adalah memelihara hewan dan melestarikannya sesuai dengan fungsi dan kedudukannya. Termasuk salah satunya adalah memelihara kucing dalam islam. Kucing memang hewan yang sering dipelihara oleh manusia. Jadi, jangan sesekali memukul kucing atau mengusir kucing ketika ia mengeong, karna kucing juga hewan yang patut di sayang dan di rawat.


Risma/KPI 2

1 komentar:

avatar
Hotimatus sa'diyah delete 26 April 2020 pukul 13.51

Waahh kalo isinya tentang kucing terus aku mau baca tiap hari🤩
Isinya bagus

Reply


EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post