21 Maret 2020

author photo
picture by: pixabay

Hampir satu minggu masyarakat Indonesia menjalani Social Distancing. Bagi sebagian orang satu minggu berdiam diri di rumah dan menghindari kerumunan adalah hal yang membosankan, apalagi selama itu mereka hanya guling-guling di kasur, badan sakit semua dan melelahkan.

Jadi untuk satu minggu kedepan apa yang akan kalian lakukan? Masih stagnan guling-guling di kasur dan menghabiskan kuota? Come on, kami punya tips untuk kalian selama masa isolasi agar tetap produktif, check it out!!!

1. Bertafakur
Bertafakur itu apa sih? Bertafakur adalah berpikir dan merenung tentang apa saja yang telah kalian lakukan selama hidup. Tak jarang kita melakukan sesuatu tanpa memikirkan baik buruknya, dan masa isolasi ini menjadi waktu yang tepat untuk merenung akan hal itu.

Mungkin selama hari aktif kita tidak pernah berpikir apa yang sudah kita capai selama ini, apakah sudah cukum berbahagia? Apakah sudah menjadi pribadi yang beretika? Dan lain-lainnya.

2. Menyalurkan Hobi
Selama hari aktif, bukan tidak mungkin kita menghabiskan waktu untuk bekerja, kuliah dan beraktifitas rutin lainnya. Sehingga Hobi tidak dapat dikerjakan, maka kita bisa menggunakan waktu isolasi ini dengan mengembangkan hobi. Karena selain menyenangkan kamu juga akan terhibur.

3. Membaca Dan Menonton
Membaca buku dan menonton film menjadi kegiatan yang paling banyak dipilih. Dengan membaca atau menonton pikiran kita akan terus diasah dan tidak tumpul karena dibiarkan tidak berpikir.

4. Diskusi Online
Nah, buat kalian yang hobi main gadget, hobi nongkrong, atau hobi rebahan bisa lakukan diskusi online. Kalian tetap bisa rebahan dan main gadget ataupun nongkrong bareng meskipun long distance ya....

Diskusi online bukan ghibah, catat! Diskusi online bisa menambah wawasan dengan membahas suatu permasalahan dan bertukar pikiran. Misalnya seperti grup pengurus HIMAPRODI KPI beberapa waktu lalu, kami berdiskusi mengenai kajian literasi dengan tema televisi dan tayangannya.

Ada banyak hal yang bisa di diskusikan. Jika anggotanya banyak bisa melalui chat atau jika hanya empat orang bisa video call-an kan?

5. Mengerjakan Tugas
Untuk kalian yang sedang kuliah online, semangat! Tugasnya pasti banyak ya? Hanya fokus kerjakan tugasmu jangan ditunda, nikmati saja, okey.

6. Ngumpul Keluarga
Masa isolasi ini bisa juga menjadi hari keluarga, bisa jadi kalian yang sibuk dengan kerjaan dan tugas harian tidak dapat mengobrol secara intim dengan keluarga. Lakukanlah sekarang, ngobrol di depan televisi dengan makanan di meja. Keharmonisan keluarga akan tetap terjaga.

Bagaimana? Sudah ada gambaran mau melakukan apa? Apapun yang kalian kerjakan, setidaknya selalu produktif dan menyenangkan. Jangan memanjakan badan dengan rebahan saja, dia juga butuh kegiatan yang menyenangkan.

Reni N.H - KPI18

This post have 0 komentar


EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post