8 Januari 2020

author photo
Pict by : Pixabay
Apakah kita pernah sadar dimanakah kita sekarang ini? Kita adalah makhluk bumi mulai dari lahir hingga dewasa, bahkan sampai nanti meninggal. Kita sangat berhutang budi pada Bumi, planet tempat tinggal kita yang tercinta ini.

Tetapi, berapa kali kita telah mengotori Bumi, merusak Bumi, dan membuat bumi ini menjadi tidak indah lagi? Tidak terhitung. Kadang, tidak sadar bahwa perbuatan kita sangat merusak bumi dan tidak pernah berterima kasih padanya yang sangat banyak jasa bumi terhadap kita; tak terhitung.

Oleh karena itu, kita harus mulai mengubah hidup agar perbuatan kita ini tidak lagi merusak Bumi. Tentunya kita, adalah manusia yang tidak dapat melakukan semua hal dengan sempurna. Jadi, kita cukup melakukan perbuatan yang dapat kita lakukan dan tidak perlu memaksakan diri. Jika kita hanya dapat berbuat hal-hal yang sederhana, ya kita lakukan hal sederhana tersebut. Jangan hanya karena hal sederhana yang biasa kita lakukan, kita malu untuk melakukannya sehingga kita tidak melakukan apa-apa. Tapi kita juga harus mengembangkan diri supaya bisa melakukan hal yang lebih besar lagi. Yang terpenting adalah niat dan keikhlasan dari kita sendiri.

Hal-hal kecil yang dapat kita lakukan misalnya adalah membuang sampah pada tempatnya, melakukan penghematan listrik, menghemat Bahan Bakar Minyak dan masih banyak lagi. Mungkin kita sudah bosan dengan kata-kata “Buanglah Sampah Pada Tempatnya”. Kita mendengar kata-kata itu sejak kita kecil, bahkan sampai sekarang. Tapi apakah kita sudah melakukan hal yang kita anggap sederhana itu? Mungkin iya, mungkin tidak. Kadang-kadang untuk sampah yang besar kita ingat, tetapi jika sampahnya kecil seperti sobekan kertas, plastik, atau bungkus snack, kita membuangnya begitu saja.

Membuang sampah di jalan atau di laci meja sekolah misalnya, hal itu tidak hanya dilakukan oleh anak SD, tapi tanpa sadar orang dewasa juga melakukan hal itu, bukan? Ya, hal itu menandakan bahwa yang paling penting adalah kesadaran diri. Usia tidak berpengaruh pada sikap seseorang. Begitu juga dengan penggunaan listrik dan air. Kita jarang sekali menghemat air, bukan? Ingat!  Segala sesuatu yang baik itu harus dimulai dari diri kita sendiri. Jangan menunggu orang lain untuk berbuat hal kebaikan.

Oleh karena itu, untuk menjaga lingkungan kita ini, lakukanlah hal yang kecil karena sesuatu yang besar itu tidak ada sebelum ada hal yang kecil. Jika hal kecil itu dilakukan oleh banyak orang, maka hal kecil itu akan menjadi hal yang besar. Jika seribu orang membuang sampah pada tempatnya dan menjaga kebersihan, tentunya daerah tersebut akan menjadi bersih. Tapi jika seribu orang membuang sampah sembarangan, maka tentunya daerah itu akan sangat kotor sekali.

Jadi, jangan pernah meremehkan hal-hal kecil seperti menghemat listrik, menghemat air, menghemat BBM, atau membuang sampah pada tempatnya. Lakukan mulai dari diri sendiri lalu tularkanlah pada orang-orang disekitar kalian. Jadilah sahabat numi dan cintailah bumi ini. Semoga jika kita telah melakukan hal terbaik yang bisa kita lakukan, bumi ini kembali indah, sejuk, segar dan udaranya nyaman sehingga kita semakin senang hidup di Bumi ini.

Oleh : Lailatul M./KPI3

This post have 0 komentar


EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post