25 Desember 2019

author photo
Siapa sih yang belum tahu dengan lagu yang sedang booming sekarang ini? Yaa lagu Dance Monkay. Siapa yg suka lagu dance Monkay?

Berawal dari ketidaksengajaan , ketika buka youtube, pasti yang muncul dulu video klip lagu dance Monkay itu. Awalnya aku hiraukan saja, karena memang aku belum pernah dengar lagu itu seperti apa. Lama-kelamaan aku penasaran dengan lagu itu, soalnya selain di youtube, di  instastory atau snap whatsapp banyak yang  upload lagu itu dan ternyata sudah banyak yang mengcover lagu dari "Tones And I" itu.

Coba saja dengarkan dulu, ada lirik "and when you're done, i'll make you do it all again"  WOW! Pas aku dengarkan lagi liriknya, seperti ada yang janggal gitu. Tapi, apa ya? Bingung. Sebenarnya memang butuh replay beberapa kali.

Dan akhirnya aku menemukan jawabannya, lagu ini mengingatkanku akan salah satu surat dalam Al-Quran.

Tapi sebelumnya, masih ingat pelajaran shorrof nggak? Yaa, ilmu alat. Agak lupa juga sih, pokoknya ikut wazan فعّال. Salah satunya ada mauzun قهّار yang artinya perkasa. Dan ikut wazan فعّال itu jadinya terkesan sangat memaksa gitu. Nah, jika diperhatikan, sama seperti surah apa ya?

Langsung aja buka qur'annya, lihat surah 114 ayat 4 yang berbunyi من شرّالوسواس الخنّاس، nah jika kita perhatikan kalimat terakhir di ayat 4 surah Annas itu sama kan pola katanya, wazan dan mauzun pasti sama. Nah lafal خنّاس itu maknanya jadi berulang-ulang.

Khonnas secara bahasa itu artinya sembunyi, tapi bukan sembunyi laiknya petak umpet atau seperti permainan-permainan lainnya ya. Kurang lebih sembunyinya itu seperti singa yg sembunyi di semak-semak, sedang (sangat) menunggu hendak  nerkam kamu sebagai mangsanya.Yaa sembunyinya  mirip sembunyi dengan siap-siap memangsa. Bisa dibayangkan?

Nah, sudah sedikit sejalan nggak dengan pikiranku?

Artinya, setan itu sifatnya juga gitu. Dia itu sembunyi, dan dan sangat menunggu waktu yg tepat, untuk menjatuhkan kita ke perbuatan dosa. Dan kalau di lihat pola shorof nya, itu maknanya berulang-ulang. Kalian tahu? Aku pikir maknanya berulang-ulang, setan berbuat seperti itu tidak hanya sekali aja, tapi lagi, lagi dan lagi. Berulang-ulang.

Saat setan udah berhasil menjatuhkan kita untuk berbuat dosa, itu setan, nggak langsung puas, nggak berhenti sampai situ, tapi terus mencoba menjatuhkan  kita lagi, dan lagi. "make you do it all again" gitu kan liriknya? Salah satu contohnya nih ya, misal kita satu kali aja berbohong, apa selanjutnya kita akan jujur? No! Pasti akan ada kebohongan-kebohongan lainnya yang akan susul menyusul untuk menutupi kebohongan selanjutnya. Setan itu pintar, bukan?

Jadi, hati-hati! Jangan sampai kita jadi mangsanya setan. Melakukan dosa yg sama, berulang-ulang. Pelan pelan deh, mari jadi baik bareng-bareng. Berbagi itu indah.

Btw, yg habis dengerin musik, apa lagi lagu DanceMonkey  ini, coba deh selanjutnya sambil cek surah an nass yaa. Habis denger musik, jangan lupa baca quran nya yaa.
Semoga bermanfaat.

Oleh : Lailatul M/KPI3

This post have 6 komentar

avatar
Irfan Ainurrofiq delete 25 Desember 2019 pukul 06.50

Bingung aku bacanya.. Coba deh terangin artinya lagu itu.. Translate misal.

Reply
avatar
Irfan Ainurrofiq delete 25 Desember 2019 pukul 06.50

Enaknya itu pakai kalimat aku.. Apa kalimat saya ya??

Reply
avatar
Unknown delete 25 Desember 2019 pukul 16.01

Terimakasih untuk masukannya kakak.

Reply
avatar
Laila AE delete 25 Desember 2019 pukul 18.59

Dalam terjemahan di kalimat apa? Coba di perjelas lagi dong. Saya tidak percaya tuh. Setau saya di terjemahan lirik tersebut menjelaskan kalo ada orang yang nari.. Trus mereka itu suka melihat dia nari. Trus salah satu dari mereka itu pengen nari terus layaknya seorang monyet yang menari seharian. Gaada sangkut pautnya sama setan. Dan disana ada kata2 Allah. Iya benar.. Mereka berkata gini oh my god.. Oh ya tuhan.. Itu kata2 kekaguman saja

Reply
avatar
Santri Bejo delete 31 Desember 2019 pukul 18.10

Mohon maaf, sekali lagi kami minta maaf. Kami hanya me.review lagu itu, tidak ada yang menjelek-jelekkan lagu itu mba mas.☺️
Penjelasannya, setelah kami mendengar lirik demi lirik lagu itu, kami ingat akan hal yang pernah kami pelajari. Iya, mengenai ilmu alat, ilmu shorrof itu mba mas.
Dan kami tidak pernah menyangkut pautkan lagu itu dengan setan, kami cuma ingat dengan kelakuan setan yang hampir sama dengan apa yang ada di lirik lagu dance monkey itu. Jadi, kami tidak menyalahkan adanya lagu itu. Cuma mengingat kembali apa yang sudah kami dapatkan. Semoga bermanfaat, wallahu a'lam.🙏

Reply
avatar
Laila AE delete 3 Januari 2020 pukul 08.58

Nggeh saya tau.. Liriknya itu pas yang bagaimana nggeh?. 😊 mungkin bisa dijelaskan. 😊

Reply


EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post